Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Jaringan (Daring) T.A. 2020, Secara Virtual.

Majene, 14/7/2020. Tidak seperti biasanya di tahun-tahun kemarin kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan,Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Barat, dilaksanakan dengan sistem berkumpul tatap muka, tahun ini disebabkan masih merebaknya Pandemi Covid-19.

Pelaksanaan kali ini lewat Dalam Jaringan (Daring) melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Peserta terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi / Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat, Ketua Dewan pendidikan Provinsi, dan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Se- Provinsi Sulawesi Barat, Perwakilan Kepala Sekolah Se- Sulawesi Barat, dan Koordinataor Pengawas Se- Sulawesi Barat.

Kepala LPMP Sulawesi Barat, Bapak Sinar Alam, S.Pd., M.Pd. Melaporkan langsung kegiatan dan memohon dengan hormat, Plt Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Bapak Hamid Muhammad, M.Sc., P.hD. yang menjadi Keynote Speaker untuk memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan. Dalam sambutannya Beliau  menyampaikan bahwa dalam masa pandemi yang masih terus meningkat di Indonesia, kita memang tidak boleh berhenti untuk bekerja memberikan layanan pendidikan kepada anak-anak, kita yang sama kita tahu prinsip utama layanan pendidikan di Indonesia saat ini adalah dengan  memprioritaskan kesehatan dan keselamatan menjadi utama.

Penjaminan mutu pendidikan yang sekarang dilakukan oleh LPMP bersama-sama Dinas Pendidikan di daerah, beliau meminta tolong untuk mengurangi tugas-tugas administrasi sekolah yang sangat merepotkan jadi misalnya sudah 96% masuk laporannya gunakan itu melakukan tindak lanjut fasilitasi harus dilakukan secara optimal, sesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang karna hampir semua daerah Sulawesi Barat nampaknya masih belajar dari rumah, tetapi juga antisipasi beberapa zona hijau yang beliau dapatkan dari Gugus Tugas Covid-19 yang hijau Sulawesi Barat Mamuju Utara dan Majene, akan tetapi di koreksi Kepala LPMP Sulbar, Majene dan Mamasa sudah menjadi zona merah.

Di akhir sambutannya Plt. Dirjen PAUD, DIKDASMEN menghimbau pelaksanaan pembelajaran baik Kepala Sekolah, para Guru, dan seluruh Pengawas bagaimana membantu orang tua, mendampingi anak-anaknya kita belajar dirumah, kemudian juga bagaimana juga membantu Guru memberikan pelajaran bervariasi sesuai dengan konteks  rumah dan lingkungan, Kepala Sekolah bagaimana mengelola sekolah dan pembelajaran, para Pengawas menyesuaikan jangan menggunakan daftar ceklist yang biasa kita gunakan ketika masa reguler, pasti itu tidak ada yang bisa diisi. Kepala Dinas diminta membantu bagaimana Kepala Sekolah membelanjakan BOSnya, pelaksanaan BDR di daerah masing-masing.

Narasumber pusat yang mengisi di kegiatan di sesi pertama ini adalah Tim Satgas PMP, Dr.Ir. Yadi Haryadi, M.Sc. dengan Materi  “Program Kerja PMP Tahun 2020” dan “Model Kemitraan denngan Pemda untuk Peningkatan Mutu Pendidikan”, kemudian di sesi kedua masih dari Tim Satgas PMP, Dr. Rusjdy Sjakyakirti, M.Sc. dengan materi “Pengembangan Sekolah Binaan (Rintisan Sekolah Penggerak)” dan “Supervisi Mutu Pendidikan”.

Kepala LPMP Sulawesi Barat, Sinar Alam, S.Pd., M.Pd. memberikan materi “Sinkronisasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan di Sulawesi Barat, dilengkapi pula materi dari Kasi SIPM LPMP Sulawesi Barat, Murdianto, M.Pd.”Pengumpulan Data Mutu 2020 dan Evaluasi Pelaksanaan PMP Tahun 2020 menjadi materinya. Adapun yang menjadi moderator kegiatan ini adalah, Drs. Sarjono, M.M. dan Parenta, S.Pd., M.Hum. serta yang menjadi Host kegiatan Sosuialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Jaringan adalah Hasbullah, S.Pd.

Kepala LPMP Sulawesi Barat berharap, Guru-guru, kepala sekolah, dan Pengawas bisa mengikuti dan beran aktif terlibat di kegiatan-kegiatan Program Rumah Belajar, kegiatan hari ini adalah salah satu bukti pertanggungjawaban kita kepada generasi masa depan dan utamanya Kepada Sang Pencipta, sesuai dengan amanah yang kita emban sebagai orang-orang yang diberi amanah mengurusi pendidikan.

Laporan Kegiatan, Kepala LPMP SULBAR, Sinar Alam, S.Pd., M.Pd.

Sambutan Plt. Dirjen PAUD, DIKDASMEN, Hamid Muhammad, M.Sc., P.hD. sekaligus secara resmi membuka kegiatan.

Materi Dr. Ir. Yadi Haryadi, M.Sc.

Antusias Peserta Sosialisasi PMP Daring 2020.

Nampak Partisipan dalam aplikasi zoom, Kegiatan Sosialisasi PMP 2020.

Dr. Rusjdy Sjakyakirti, M.Sc. Satgas PMP

Flyer Kegiatan.

Sharing is caring!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *