Mendukung Program Sekolah Penggerak BPMP Sulbar menggelar Kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Daerah

Majene, 23 Juli 2022 Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Barat sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis pusat yang berada di Provinsi Sulawesi Barat memiliki beberapa tugas pokok yang salah satunya adalah melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan. Kaitannya dengan tugas fasilitasi terhadap satuan pendidikan tersebut, BPMP Sulawesi Barat melaksanakan beberapa kegiatan dalam bentuk sosialisasi, bimtek, workshop, dan lain sebagainya, termasuk dalam memfasilitasi pemda untuk mengawal pelaksanaan program sekolah penggerak sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar  yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi.

 Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat melaksankan kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak Angkatan I Kabupaten Majene. Kegiatan tersebut dilaksanakan seiring dengan berjalannya Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan I di Kab. Majene selama dua semester, dan merupakan suatu kewajiban kepada Pemerintah Daerah bekerjasama dengan UPT Perwakilan Kemdikbud untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Forum Pemangku Kepentingan dilakasanakan untuk melakukan evaluasi kegiatan PSP yang sudah berjalan selama dua semester atau satu tahun, dan kegiatan tersebut juga mendorong para pemangku kepentingan daerah untuk selalu berinovasi melaksanakan program untuk mewujudkan perubahan di sekolah penggerak.

Forum pemangku kepentingan adalah kegiatan diskusi berkenaan dengan berbagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dapat dilakukan oleh pemangku kepentingan di masing-masing satuan pendidikan. Seluruh pemangku kepentingan merefleksikan capaian kemajuan pendidikan di daerahnya sekali dalam satu semester. Setiap pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya. Peran Pelatih Ahli dalam forum pemangku kepentingan adalah memfasilitasi diskusi dalam forum ini.

Peserta kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak Kabupaten Majene adalah para pengawas, kepala sekolah, guru sekolah penggerak, perwakilan orang tua, perwakilan siswa, perwakilan masyarakat seperti anggota dewan Pendidikan, Anggota DPRD Komisi Bidang Pendidikan, ditambah dengan unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Majene dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat.

Sharing is caring!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *